Pertama Kali Bermalam di Hotel

Pertama Kali Bermalam di Hotel

Pertama Kali Bermalam di Hotel kemungkinan menjadi salah satu langkah untukmu yang ingin short escape di tengah-tengah wabah.

Untuk kamu yang pertama kalinya bermalam di hotel eksklusif pasti hadapi dengan istilah-istilah yang kemungkinan tidak pernah didengarkan.

Pertama Kali Bermalam di Hotel? Yok, Ketahui Dahulu Beberapa istilah Ini

Beberapa istilah itu umumnya kamu jumpai sebentar saat sebelum menginap. Supaya tidak bingung, berikut kumparan kumpulkan beberapa istilah utama di hotel yang perlu kamu mengerti saat sebelum menginap.

Check-In

Saat sebelum bermalam di hotel, kamu wajib melakukan check-in atau register ditambah dulu. Sesudah lakukan check-in baru kamu dapat ambil kunci dan memakai kamar yang akan dipakai untuk menginap.

Baca Juga: Peristiwa Paling Penting Dalam Penerbangan

Jam check-in hotel pasti berbeda sesuai peraturannya masing-masing, ya. Maka kamu perlu cari tahu ditambah dulu. Namun, rerata jam check-in sekitar jam 13.00-14.00 waktu setempat.

Early Check-In

Early check-in ialah peluang untuk kamu untuk dapat check-in dan masuk kamar bisa lebih cepat dari peraturan yang ada. Tidak seluruhnya hotel memberi peluang early check-in, jadi kamu harus cari tahu lebih dulu dengan mengontak faksi hotel, ya.

Check-Out

Jika proses check-in ialah proses untuk masuk hotel, check-out sebagai waktu untuk keluar dan tinggalkan hotel pada hari akhir kamu menginap.

Jam check-out tiap hotel bervariatif, biasanya seputar jam 11.00-12.00 waktu setempat. Jika kamu ingin keluar dari hotel bisa lebih cepat, kamu tidak dikenai ongkos.

Tapi, bila kamu telat check-out sampai batasan optimal misalkan jam 14.00 waktu di tempat, umumnya akan dikenai ongkos tambahan atau ekstensi over stay atau bermalam.

Late Check-Out

Late check-out ialah peluang beberapa tamu untuk tinggal semakin lama dalam waktu beberapa saat di luar waktu check-out yang seharusnya. Walaupun begitu, tidak semua hotel memberikan sarana ini. Untuk menghindar tambahan ongkos kamu dapat mengontak resepsionis hotel ditambah dulu.

Concierge

Concierge sebagai seksi untuk layani keperluan tamu yang menginap. Umumnya mereka akan memberi ruangan untuk kamu simpan barang bawaan jika memang kini waktunya check-out, tetapi kamu masih mempunyai rutinitas lain untuk dilaksanakan.

Bell Boy

Bell Boy sebagai staff hotel yang bekerja untuk menolong tamu. Dimulai dari menolong mengusung tas dan barang bawaan, bersihkan kamar, membelikan pekerjaan yang lain, dan barang.

Resepsionis

Staff yang bekerja untuk menolong tamu hotel check-in dan check-out. Mereka akan menolong kamu mengontak rekan atau keluarga yang bermalam jika dibutuhkan.

Pick Up Servis

Service antar-jemput dari lapangan terbang ke arah kebalikannya dan hotel. Ada beberapa macam pick-up servis yang dapat diputuskan sesuai keperluan. Dapat berbentuk shuttle dengan memakai kendaraan punya hotel atau kendaraan hasil kerjasama tempat rental.

Valet

Valet sebagai service untuk menyingkat waktu untuk kamu yang bawa kendaraan beroda 4 ke hotel.

Daripada lelah dan pusing cari tempat parkirkan, kamu tinggal memakai service yang dijajakan oleh faksi hotel untuk memarkirkan kendaraan tamu, cukup beri kunci mobil ke petugas valet.

Welcome Drink

Jamuan minuman untuk tamu hotel yang disiapkan secara gratis sebagai perkataan selamat datang. Sarana ini umumnya akan diberi untuk tamu yang baru tiba dan lakukan proses check-in di lobby hotel.

Morning Call atau Wake Up Call

Service panggilan untuk tamu hotel pada pagi hari yang mempunyai tujuan untuk menggugah tamu seperti permintaan. Service ini benar-benar berguna untuk kamu yang penting bangun pagi supaya tidak kesiangan.

Buffet

Langkah penyuguhan makanan dengan prasmanan. Biasanya dilaksanakan saat makan pagi atau pada beberapa acara tertentu. Kamu dapat pilih makanan yang ada sesuai seleramu.

A’la Carte

Berlainan dengan prasmanan yang sudah dihidangkan di tempat restaurant, a’la carte bermakna kamu perlu pesan ditambah dulu. Hingga staff hotel dapat mempersiapkan makanan yang kamu harapkan.

Breakfast

Sarapan alias sarapan.

Cocktail

Minuman mengandung alkohol yang dibuat dari 2 lebih atau kombinasi.

Mocktail

Cocktail tanpa alkohol.

Liquor atau Liqueurs

Minuman yang berkadar alkohol.

Bar

Bar ialah lokasi yang jual minuman baik yang mengandung alkohol atau non-alkohol. Adanya Bar sendiri sebagai salah satunya toko dari service F&B yang difasilitaskan dengan bagus untuk menyuguhkan bermacam jenis minuman dalam hotel.

Ekstra Bed

Kasur tambahan memiliki ukuran single dapat digulung dan bed. Umumnya pemakaian ekstra bed dikenai ongkos tambahan.

Mini Bar

Sarana tambahan dalam kamar. Umumnya berbentuk cemilan atau minuman. Kamu dapat mendapatinya dalam kulkas kecil atau teratur rapi di meja atau atas rak.

Untuk membandingkan mini bar dan compliment, kamu dapat check harga produk yang tercantum dalam buku atau kertas menu di kamar.

Walk-In Guest

Tamu yang lakukan pemesanan langsung ke hotel tanpa memakai mediator. Walk-in guest akan mendapatkan ongkos normal yang umumnya tambah mahal daripada beli melalui biro perjalanan atau program.

Reserve atau Reservasi

Pesan kamar, dapat secara langsung tiba, melalui program by phone, atau online.

Pay at Hotel

Sesuai maknanya secara harafiah, pay at hotel bermakna bayar di hotel. Kamu dapat lakukan booking lewat online travel agent (OTA), tapi pembayaran dilaksanakan di hotel tempat menginap.

Bill

Nota atau bill atas service sewa kamar dan keperluan yang lain yang kamu pesan sepanjang menginap.

Cancellation Fee

Ongkos yang ditanggung untuk yang lakukan penangguhan pemesanan

Room Rate

Harga atau ongkos sewa kamar per malam. Ada beberapa factor yang memengaruhi rate kamar. Dimulai dari tersedianya makan pagi, type kamar, ongkos service, dan pajak.

Compensation

Tambahan service yang diberi faksi hotel untuk tamu karena kekurangan sarana atau kekeliruan. Misalkan saja, kamu telah pesan dan bayar kamar dengan view menghadap kolam renang, tetapi saat datang, kamar itu tidak tersedia. Karena itu bakal ada ganti rugi dari faksi hotel untukmu.

Compliment

Penghargaan ke tamu oleh faksi hotel atau pembebasan ongkos

Refundable

Ongkos sewa kamar yang sudah dibayar bisa dibalikkan jika kamu lakukan penangguhan secara tiba-tiba atau tiba-tiba.

Deposit

Ongkos awalnya yang perlu dibayar pada hotel sebagai uang jaminan. Nanti, sesudah bermalam, jika kamu memakai sarana berbayar, ongkosnya akan dipotong dari uang deposit. Tetapi jika kamu tidak memakainya, uang akan kembali secara penuh saat check-out.

Standar Room

Panggilan untuk tipe kamar paling murah atau standard

Perkasa Room

Panggilan untuk type kamar standard dengan sarana yang lebih. Umumnya type ini berbeda pada tiap hotel, ya.

Deluxe Room

Kamar yang dibuat dengan sarana yang lebih dari kamar sebelumnya. Dimulai dari penampilan luar kamar sampai interior dalam kamar.

Junior Suite Room/Studio Room

Junior Suite Room atau kerap disebutkan studio (STU) ialah tipe kamar hotel yang mempunyai sarana seperti tempat duduk atau ruangan tamu yang terpisah dengan ruangan tidur.

Suite Room

Suite Room ialah ruang yang semakin tinggi dari Junior Suite Room. Type kamar ini umumnya seperti apartemen tetapi ada dalam hotel.

Suite Room mempunyai ruang yang termasuk lumayan luas hingga dapat dihuni dengan nyaman dan bebas dengan keluarga. Pada umumnya, Suite Room berlaku untuk tipe kamar hotel yang mempunyai sarana berlainan dengan tipe kamar lainnya.

Presidential Suite

Presidential suite ialah type kamar paling tinggi yang mempunyai sarana komplet dan disiapkan untuk tamu yang menyenangi privasi. Type kamar ini umumnya dapat kamu dapatkan di hotel berkelas lima.