Tempat Menyeramkan di Nganjuk

Tempat Menyeramkan di Nganjuk

Tempat Menyeramkan di Nganjuk – Bumi Anjuk Kebun, masih banyak sekali yang masih belum mengenali wilayah ini.

Karena letak dan situasi yang dijepit oleh kota-kota besar di Jawa Timur, hingga kota ini cuman hanya tempat untuk mediator dan cuman di lalui saja seandainya ingin ke arah kota lainnya, persisnya di jawa timur sisi tengah.

Tempat Paling Menyeramkan di Nganjuk, Air Terjun sampai Jembatan

Sesungguhnya seandainya kita dapat hentikan tapak jejak kita untuk melirik sedikit lebih dalam mengenai kota ini, karena itu mata ini akan terbuka lebar, takjub dengan bermacam bukti berkenaan kekhasan yang dipunyai oleh Kabupaten Nganjuk ini dimulai dari rekreasi alam sampai kulineran yang ada didalamnya.

Baca Juga: Tempat Menyeramkan Lajur Pantura

Nganjuk sebagai kabupaten di Jawa Timur yang dipanggil sebagai Kota Angin. Kecuali mempunyai beberapa tempat rekreasi alam yang mempesona, Nganjuk mempunyai beberapa tempat yang dikenali angker.

Bahkan juga ada banyak lokasi yang mempunyai larangan tertentu. Yok, baca lima tempat paling menyeramkan di Nganjuk berikut ini.

Tempat Menyeramkan di Nganjuk Jembatan Karangsemi

Nganjuk mempunyai jembatan yang dikenali menyeramkan, Jembatan Karangsemi namanya. Jembatan Karangsemi dipercayai ada penunggunya berbentuk figur kuntilanak.

Di jembatan penyambung Dusun Karangsemi dan Dusun Demangan ini sering kelihatan kemunculan hantu elok yang duduk di pagar pemisah jembatan. Hal itu membuat beberapa orang takut melewati jembatan di waktu malam hari.

Posisi: Gerbong, Demangan, Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Singokromo

Air terjun yang ada di lereng Gunung Wilis ini dikenali sebagai lokasi yang angker. Tiap bulan purnama, Air Terjun Singokromo dipakai sebagai tempat ritus mistis. Akhirnya, beberapa orang takut mengunjunginya.

Air Terjun Singokromo dikenal juga dengan dogma pencarian jodoh. Masalahnya sebagian orang yakin jika mandi di air terjun ini dapat selekasnya berjumpa dengan jodohnya.

Posisi: Dusun Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Roro Kuning Tempat Menyeramkan di Nganjuk

Air Terjun Roro Kuning ada di lereng Gunung Wilis. Di seputar Air Terjun Roro Kuning, ada patung Roro Kuning, seorang putri raja pada jaman dulu.

Patung itu dipandang seperti object yang angker. Saat larut malam, selalu kelihatan keramaian di seputar air terjun, walau sebenarnya tidak ada orang sama sekali.

Kerap juga kelihatan kemunculan makhluk lembut di dekat patung. Bahkan juga, sering tampil figur bayang-bayang wanita cantik. Banyak masyarakat yang yakini jika figur itu ialah roh Roro Kuning.

Posisi: Nglarangan, Bajulan, Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Barat.

Goa Ndalem

Goa Ndalem, salah satunya tempat rekreasi yang populer di Nganjuk ini sesungguhnya mempunyai panorama yang paling cantik. Tetapi, beberapa masyarakat memandang Goa Ndalem lokasi yang angker.

Goa Ndalem dipandang seperti lokasi yang sakral. Bahkan juga, ada sebagian orang yang pernah menyaksikan figur misteri di sini.

Posisi: Dusun Kebonagung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Barat.

Air Terjun Sedudo

Dibalik daya tarik wisatanya cantik, Air Terjun Sedudo simpan beberapa cerita mistis. Beritanya, Air Terjun Sedudo kerap jadi tempat untuk bersihkan beberapa benda mistis.

Beberapa benda itu dibikin bersih di waktu malam satu Syuro, yaitu malam tahun baru pada kalender Jawa. Air Terjun Sedudo kerap dipakai untuk ritus tertentu, semenjak jaman dulu.

Ada banyak larangan bertandang yang perlu dipatuhi pengunjung. Salah satunya dilarang melakukan tindakan amoral, ambil benda di seputar air terjun, sampai bawa pulang sabun yang dibawa dari rumah.

Posisi: Jalan Raya Sedudo, Rimba, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Nach, itu beberapa lokasi yang dikenali paling menyeramkan di Nganjuk, Jawa Timur. Tidak perlu takut mendatanginya, yang perlu kita selalu berlaku baik dan jaga norma di mana saja berada. Dari 5 tempat di atas, kamu pernah berkunjung yang mana?

Kabupaten Nganjuk ialah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini bersebelahan dengan kabupaten bojonegoro di uatara, kabupaten jombang di timur, kabupaten kediri dan kabupaten ponorogo di selatan,dan kabupaten madiun di barat. Pada jaman kerajaan Medang,Nganjuk dikenali bernama Anjuk Kebun yakni tanah kemenangan. Nganjuk dikenal juga dengan panggilan kota angin. Kabupaten Nganjuk berada di antara 111’5 s/d 112’13 BT dan 7’20 s/d 7’59 LS. Luas kabupaten nganjuk ialah seputar 122.433 km2 atau sama dengan 122.433 Ha yang terdiri dari :

  • Sawah 43.052 Ha
  • Tanah kering 32.373 Ha
  • Tanah Rimba 47.007 Ha

Berdasar data BPS, jumlah warga di Kabupaten Nganjuk sekitar 1.017.030 oleh kurang lebih 36% warga tinggal di perkotaan dan bekasnya 64% di perdesaan.

Kekhasan, budaya dan keunikan nganjuk

Kekhasan nganjuk

Nganjuk mempunyai banyak situs monumental salah satunya yakni candi ngetos, candi lor, prasasti kinawe, prasasti anjuk kebun, prasasti hering, pusara mbah raden, monumen Dr.soetomo, pusara kanjeng jimat dan mushola yoni Al.Mubarok

Sedikit rincian mengenai candi ngetos dan candi lor nih..

Candi ngetos berada di dusun ngetos kecamatan ngetos. Bangunannya berada di pinggir jalan di antara ikat dan ngetos ,bangunan ini secara fisik telah hancur , bahkan juga beberapa bagiannya telah raib, hingga sulit sekali diketemukan wujud aslinya. Candi ini dibuat dari batu merah hingga jadi cepat rusak. Tetapi banyak warga seputar sini yang mendokumentasikannya dengan berpose semacamnya dan selfie.. haha terhitung aku juga…

Jika candi lor sebagai bngunan candi yang dibuat dari batu bata merah yang dipercaya sebagai monumen cikal akan berdirinya kabupaten nganjuk yang diperingati tiap tanggal 10 April tiap tahunnya. Pada area candi lor ada dua pusara abdi dalam kinasih Mpu Sindok yang disebutkan Eyang Kerto dan Eyang Kerti, dan sebatang pohon kepuh yang sudah tumbuh semenjak tahun 1866.

Kecuali mempunyai warisan riwayat seperi yang dirinci di atas, nganjuk mempunyai banyak tempat pariwisata yang dapat dicicipi oleh masyarakat seputar loh.. Salah satunya ialah :

  • air terjun sedudo
  • air terjun singokromo,
  • goa margo tresno,
  • air menjalar roro kuning,
  • taman rekreasi anjuk kebun,
  • air terjun gedangan,
  • air terjun sumber manik,
  • sendang putri wilis,
  • air terjun pring jowo,
  • air terjun tirto panji,
  • The Legend Waterpark Kertosono.
  • air terjun selo leter dan air terjun watulumbung

Kebudayaan nganjuk

Nganjuk mempunyai bermacam budaya yang beragam. Pada jaman dahulu benar-benar kental dalam pengamalannya. Meskipun di saat ini mulai ditinggal oleh warga, tetapi ada banyak yang melestarikannya,tidak raib demikian saja. Karena di kabupaten nganjuk ada banyak beberapa tokoh budaya yang siap jaga kebudayaan bersama beberapa penerus mereka. Makanan ciri khas,tarian wilayah, dan upacara tradisi masih dilestarikan.

Banyak kesenian-kesenian kabupaten nganjuk salah satunya:

  • Tari tayub
  • Wayang timplong
  • Tari mung dhe
  • Jaranan

Nganjuk mempunyai makanan ciri khas yakni

  • Nasi becek
  • Dumbleg
  • Onde-onde njeblos
  • Nasi pecel
  • Nasi sambal tumpang
  • Kerupuk upil

Kabupaten Nganjuk Mempunyai Panggilan Kota Angin

Bukti pertama kali dalam Kabupaten ini mempunyai panggilan kota angin, di mana banyak embusan angin yang selalu bersinggah didalamnya, sampai sekarang kota ini disebut sebagai Kota Angin. Bumi Anjuk Kebun atau umum yang disebutkan dengan Kota Nganjuk, banyak satu hal yang berarti saat kita bisa mencari beberapa bagian yang ada di dalamnya, meskipun kelihatan sangat kecil dibanding dengan kota kota lainnya, tapi kekuatan yang dipunyai kota ini bisa disebutkan jadi sebuah ikon yang paling menarik.

Kabupaten Nganjuk Mempunyai Ikon yang Ciri khas

Bicara mengenai ikon, tentu hal pada tiap wilayah mempunyai kekhasan tertentu, begitupun dengan Kota Nganjuk ini, dimulai dari ujung timur ke barat dan ujung selatan ke utara, di tiap segi nya mempunyai kekhasan, hal tersebut yang membuat Nganjuk tidak kalah dari kota yang lain. Kerja sama yang ada pada tiap susunan penduduknya menggambarkan kualitas bergotong-royong yang oke, hingga di sini kami bersama membuat Nganjuk untuk lebih jaya.

Kota Nganjuk mempunyai banyak keunikan dimulai dari makanan sampai hal unik lainnya, segala hal akan kami uraikan dalam penulisan kesempatan ini, hingga kami bisa mengenalkan kekayaan yang ada pada Kota kecil ini dan tidak dilihat mata sebelah oleh warga di luar Kota Nganjuk.